Sejarah

FISIP USU resmi menjadi fakultas pada tahun 1982. Pada tahun 1983/1984, FISIP USU pertama kali membuka dua program studi, yaitu Program Studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Komunikasi.
Sesuai SK Mendikbud RI No. 0535/0/83 Tahun 1983 tentang jenis dan jumlah program studi pada fakultas di lingkungan USU, dinyatakan FISIP USU mempunyai 5 Program Studi, terdiri dari:
1. Program Studi Sosiologi
2. Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial
3. Program Studi Antropologi
4. Program Studi Ilmu Administrasi Negara
5. Program Studi Ilmu Komunikasi
Dalam proses pengembangannya, program studi tersebut tidak dibuka sekaligus. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah serta tenaga pengajar yang dibutuhkan sesuai dengan bidangnya. Oleh karenanya pada tahun ajaran 1983/1984, FISIP USU hanya membuka 2 program studi yaitu:
1. Program Studi Ilmu Administrasi Negara
2. Program Studi Ilmu Komunikasi
Pemilihan Program Studi oleh mahasiswa dilakukan pada semester VII. Keadaan seperti ini berlangsung sampai tahun ajaran 1986/1987, baru pada tahun 1987/1988 pemilihan program studi dilakukan langsung saat calon mahasiwa mendaftarkan diri pada SIPENMARU.
Dalam perkembangan selanjutnya, pada masa kepemimpinan Drs. Subhilhar, MA Dekan FISIP USU Periode 2000 – 2005, barulah Program Studi Ilmu Politik didirikan pada bulan Agustus tahun 2001 dengan surat dari Depdiknas-Dirjen Dikti Nomor 2809/D/T/2001 tentang Ijin penyelenggaraan Program Studi Ilmu Politik jenjang program Sarjana (S1) pada Universitas Sumatera Utara yang ditandatangani oleh Dirjen Dikti tertanggal 30 Agustus 2001. Sebagai Program Studi termuda di lingkungan FISIP USU, maka diawal berdirinya, sebagian besar staf pengajar FISIP USU berasal dari program studi lain yang berada di lingkungan FISIP USU.
Seiring dengan era BHMN (Badan Hukum Milik Negara), maka program studi berganti nama menjadi Departemen. Departemen Ilmu Politik, pada mula berdirinya dikelola oleh Ketua Drs. Tonny P. Situmorang, MA dan Sekretaris Dra. Evi Novida Ginting. Pada akhir tahun 2004, keduanya aktif di Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, diangkat sebagai pelaksana Ketua adalah Drs. Heri Kusmanto, MA dan Dra. Rosmery Sabri, MA sebagai Sekretaris Departemen Ilmu Politik. Kemudian pada akhir tahun 2005, terpilih kembali Drs. Heri Kusmanto, MA sebagai Ketua Departemen dan Dra. Rosmery Sabri, MA sebagai Sekretaris Departemen Ilmu Politik.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: